Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Film

|
Mungkin sobat-sobat pemula ada  yang belum tau bagaimana cara menggabungkan subtitle dengan film hasil download? walau sebenarnya ini sangat mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Tapi jujur, dulu saya juga sempet kelimpungan nyari tau gimana caranya menggabungkan subtitle dengan film hasil download (hehehe...maklum pemula :p). Jadi kali ini teknik pemula akan memberikan penjelasan singkat mengenai cara menggabungkan subtitle dengan film. Ada 2 hal PENTING yang tidak boleh sobat pemula lupakan dalam hal ini, yang pertama "harus ada subtitlenya" dan yang kedua "harus ada filmnya", inget itu baik-baik. Kalo gak ada film sama subtitlenya apa yang mau di gabungin (hahahahaha).

Ok, langsung aja yha. Samakan nama subtitle dengan filmnya atau sebaliknya, done! Simple kan ^_^a, oh ia subtitle dengan film ini harus berada dalam satu folder yha dan ketika download subtitle dalam format .zip atau .rar harap di ekstrak terlebih dahulu file tersebut. Jika sobat juga menemukan banyak file .srt ketika meng-ekstrak file tersebut, sobat pilih salah satu saja yang menurut sobat paling pas dengan timing filmnya. 

Contoh:

film : Avatar.mp4
subtitle : 21453686452.srt

Ubah nama film/rename menjadi seperti subtitle

film : 21453686452.mp4
subtitle : 21453686452.srt

Atau ubah nama subtitle/rename subtitle menjadi seperti film

film : Avatar.mp4
subtitle : Avatar.srt

Atau ubah keduanya, tapi harus sama nama film dengan subtitle sobat tadi

film  : Ava.mp4
subtitle : Ava.srt

Note: Formatnya jangan dihapus/diubah (mp4, flv, srt dll) 

Sebenernya tidak harus sama, sobat pemula bisa load subtitle pada video player yang biasa sobat gunakan. Cara ini hanya untuk mempermudah tanpa perlu load subtitle, jika subtitle tidak muncul otomatis drag and drop aja subtitlenya. Untuk pengguna Windows Media Player di Windows 7 dan belum mengetahui cara memunculkan/setting subtitle pada video player ini, silahkan baca penjelasan pendek saya disini Windows 7 - Cara memunculkan subtitle pada windows media player .

Semoga bermanfaat. 

5 comments:

Budayakan cara berkomen yang baik :D

Next Prev
▲Top▲