Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Video Untuk Upload Menggunakan Software Converter

|
Kali ini teknik pemula kembali memberikan info seputar editing video. Teknik-teknik ini sangat cocok untuk pemula seperti saya dan untuk pemula yang ingin atau berminat atau hobi mengedit video dengan teks-teks lucu atau sekedar memberikan subtitle kemudian menguploadnya ke Youtube atau website mereka. Kalo ada para mastah yang ikut baca, peace yha hehehe. 

Teknik pemula kali ini dalam cara menggabungkan subtitle dengan video untuk upload menggunakan software converter. Sebenarnya ada banyak software khusus untuk subtitle film akan tetapi karena saat ini saya baru menggunakan software converter untuk menggabungkan subtitle, jadi saya ingin sharing seputar hal-hal yang baru saya ketahui saja/atau yang pernah saya kerjakan langsung. Pokoknya setiap hal kecil yang baru saya ketahui akan saya langsung post dengan harapan bisa membantu orang-orang seperti saya :p

Ada banyak video converter yang bisa anda download sesuai kebutuhan kalian tapi saat ini saya baru "menyukai, mempercayai dan menggunakan" 2 converter yaitu Freemake Video Converter dan Any Video Converter, dan software ini GRATIS. Terserah sobat ingin menggunakan yang mana, saya memberikan 2 video perbandingan untuk 2 converter ini dalam menggabungkan subtitle dengan video untuk upload.

Ini video add subtitle dengan Any Video Converter


Ini video add subtitle dengan Freemake Video Converter


Karena saya sendiri lebih menyukai menggunakan Any Video Converter dalam menggabungkan subtitle di karenakan hal di atas, maka kali ini saya akan memberikan cara-cara menggabungkan subtitle dengan any video converter. Namun bukan berarti Freemake Video Converter tidak bagus, software converter ini memiliki kelebihan sendiri dalam mengconvert. Software ini dapat mengconvert "Video Online" seperti Youtube, Dailymotion, Vimeo dan masih banyak lagi. Dan bukan hanya itu saja kelebihan software Freemake Video Converter guys, software ini juga mampu membuat photo slide show. Oleh karena itu saya sendiri lebih suka menggunakan Freemake Video Converter untuk masalah mengconvert. Untuk informasi lebih lanjut mengenai software ini, langsung aja sobat baca review pendek saya yang linknya ada di paragraft bawah ini. :)

Ok! Langkah pertama, download terlebih dahulu Video Converter yang ingin sobat gunakan, Download Gratis Freemake video converter disini dan Download Gratis Any Video Converter Disini. Untuk langkah ini saya akan menganggap sobat sudah memiliki/membuat subtitle terlebih dahulu, jika sobat masih belum mengetahui cara membuat subtitle, silahkan baca postingan saya sebelumnya disini Cara Membuat Subtitle Tanpa Software.

Menggabungkan Subtitle Dengan Any Video Converter

Setelah sobat download, install kemudian buka software any video converter.

cara menggabungkan subtitle kedalam video untuk upload 1
Kemudian pilih add dan pilih video mana yang ingin sobat beri subtitle di kolom yang sama di samping gambar video yang baru saja anda tambahkan ada tulisan "No subtitle", klik tulisan tersebut dan pilih "Add subtitle".


cara menggabungkan subtitle kedalam video untuk upload 2

Done, sekarang tinggal convert. Dalam software converter ini kita tidak bisa langsung save. Satu-satunya cara agar dia tersimpan adalah dengan di convert. Pilih format sesuai kebutuhan anda.

cara menggabungkan subtitle kedalam video untuk upload 3

Pada gambar no.1 itu menunjukan dimana hasil convert nanti akan di simpan dan untuk gambar no.2 adalah resolusi/ukuran video yang kita inginkan no.3 untuk meng-convert video.

cara menggabungkan subtitle kedalam video untuk upload 4

Dan langkah ini pun tidak jauh berbeda dengan menggunakan Freemake Video Converter.

Menggabungkan Subtitle Dengan Freemake Video Converter

Download softwarenya kemudian buka softwarenya, sama seperti step step di atas add file (masukan video yang ingin sobat add subtitlenya) kemudian pada tampilan Freemake klik Add Subtitle dan saya pastikan lagi bahwa sobat disini sudah memiliki/membuat subtitle terlebih dahulu. Ini cara caranya untuk membuat subtitle tanpa software di bawah ini.

Cara Membuat Subtitle Tanpa Software


Tapi ini hanya dapat digunakan di pc sobat saja dengan media player bukan untuk upload yang subtitlenya udah mix atau nyatu dengan videonya.

Ok kita lanjut yhaa :p











Setelah di add, kita dapat melihat hasilnya terlebih dahulu pada bagian edit











Nah...perlu sobat ketahui, secara kita menggunakan software gratis atau tools yang di kasih begitu saja oleh developernya, maka biasanya memiliki beberapa kekurangan. Nah pada Freemake Video Converter ini kita tidak dapat merubah warna, ukuran dan font subtitle kita tersebut. Jika ingin lebih bebas dalam mengatur subtitle kita, kita bisa membeli Subtitle Pack yang berada di opsi edit seperti berikut:













Dan juga untuk add subtitle gratisan dengan converter ini, sobat tidak bisa save, jadi convert dulu baru subtitle akan otomatis tergabung kedalam video. Untuk info lebih lanjut mengenai software Freemake Video Converter ini sobat bisa liat artikel saya yang dibawah ini

Download Gratis Freemake Video Converter


Yup, we are done and ready to upload. Tapi sebelumnya di cek lagi hasil convert-an tadi untuk memastikan apakah masih ada kesalahan sebelum kita upload.Sekian sharing mengenai cara menggabungkan subtitle dengan video untuk upload dari teknik pemula, semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. kalo kita aplot video di blog dan subtitlenya gak nampak gimana ya? padahal sebelum diaplot subnya nampak, tpi setelah diaplot di blob malah gak ada subnya? pencerahan mastah

    ReplyDelete

Budayakan cara berkomen yang baik :D

Next Prev
▲Top▲